Saturday, May 25INDONESIA SCORE
Shadow

Selain Como Klub Disokong, Pengusaha Indonesia Bakal Tampil di Liga Top Eropa

Pengusaha Indonesia Tampil Liga Top Eropa – Selain Como, ada satu tim juga dari cabang olahraga sepak bola yang disokong pengusaha Indonesia lainnya yang juga bakal tampil di liga top Eropa pada musim depan. Como tengah menjadi perbincangan di kalangan pencinta sepak bola Indonesia, lantaran klub asal Italia yang dimiliki oleh Hartono Bersaudara itu baru saja promosi ke Serie A.

Selain-Como-Klub-Disokong,-Pengusaha-Indonesia-Bakal-Tampil-di-Liga-Top-Eropa

I Lariani mengakhiri Serie B, alias kasta kedua Liga Italia, pada musim ini dengan meraih hasil imbang kontra Cosenza. Laga yang berlangsung di Stadio Giuseppe Sinigaglia, Sabtu (11/5) dini hari WIB tersebut berakhir dengan skor 1-1. Sempat tertinggal karena gol Gennaro Tuttino pada menit ke-30, Como berhasil menyamakan skor berkat eksekusi penalti Simone Verdi pada menit ke-74. Tambahan satu poin ini sudah cukup membuat Como finis kedua di Serie B, lantaran Venezia yang diperkuat pemain Timnas Indonesia, Jay Idzes, takluk 1-2 dari Spezia di tempat lain. Como pun menemani Parma untuk promosi ke Serie A secara langsung. Selagi Jay Idzes dan Venezia memperebutkan tiket promosi melalui jalur playoff.

Kesuksesan Como Menjadi Pembahasan di Indonesia

Kesuksesan como karena klub ini sempat dinyatakan bangkrut hingga bermain di Serie D, alias kasta keempat sepak bola Italia. Hartono Bersaudara, pengusaha asal Indonesia, melalui perusahaan tembakaunya, Djarum Group, mulai mengambil alih Como pada 2019.

Sejak saat itu, Lariani mengalami peningkatan prestasi secara perlahan, yang didongkrak oleh kehadiran legenda Arsenal dan Timnas Spanyol, Cesc Fabregas. Setelah sempat menjadi pemain, Fabregas mulai berkarier sebagai asisten pelatih Como pada musim ini. Sokongan dana dari Hartono Bersaudara, ditambah dengan kejeniusan Cesc Fabregas tersebut lah yang menjadi kunci kesuksesan Como.

Tetapi, Como ternyata bukanlah satu-satunya klub yang dimiliki pengusaha Indonesia yang bakal berlaga di liga top Eropa pada musim depan. Kemudian di Belgia, FCV Dender berhasil mengamankan tiket promosi ke kasta tertinggi Liga Belgia, setelah finis kedua di kasta kedua. Dender mengumpulkan 54 poin dari 30 laga, unggul satu poin saja dari KMSK Deinze, yang dibela Marselino Ferdinan.

Baca Juga: Indonesia VS Vietnam – Sebuah Langkah Besar Menuju Masa Depan

Juara Kasta Kedua Liga Belgia Pada Musim Ini

Mereka pun menemani Beerschot, yang menjadi juara kasta kedua Liga Belgia pada musim ini, untuk promosi ke kasta tertinggi. Sebagai informasi, FCV Dender dimiliki oleh pengusaha Indonesia juga, Sihar Sitorus, yang juga merupakan politisi di Indonesia. Sihar Sitorus merupakan anggota DPR RI pada periode 2019 hingga 2024 ini. Sebelumnya dia juga merupakan juru kampanye Joko Widodo dalam Pilpres 2014 silam. FCV Dender bukanlah satu-satunya klub sepak bola yang pernah dimiliki oleh Sihar Sitorus.

Sebelumnya, Sihar pernah mendirikan beberapa klub sepak bola di Medan. Yaitu Medan Chiefs Deli Serdang, Pro Titan, dan Nusaina Fans Club. Dia juga pernah memimpin PSMS Medan, salah satu klub sepak bola dengan sejarah panjang di Indonesia. Kini Dender bakal bersaing dengan sangat kencang dengan klub-klub top di Liga Belgia, termasuk di antara KV Mechelen, yang diperkuat pemain Timnas Indonesia, Sandy Walsh. Selain itu, ada peluang pula Dender untuk menggaet Marselino Ferdinan, yang kontraknya akan habis bersama KMSK Deinze pada musim panas ini.

Meningkatnya Minat Pengusaha Indonesia

Meningkatnya-Minat-Pengusaha-Indonesia 

Selain Como Klub, beberapa pengusaha Indonesia juga telah menunjukkan minat dan dukungan untuk terlibat dalam klub sepak bola yang berkompetisi di liga top Eropa. Hal ini menunjukkan tren meningkatnya minat pengusaha Indonesia dalam industri sepak bola internasional. Dukungan finansial dari pengusaha Indonesia dapat membantu membangun dan mengembangkan klub-klub tersebut. Serta meningkatkan eksposur dan citra Indonesia di kancah sepak bola global. Keikutsertaan mereka juga bisa membawa manfaat ekonomi dan promosi bagi negara serta menciptakan kesempatan bagi pemain Indonesia untuk bermain di kompetisi tingkat tertinggi. Ikuti Trus Informasi terlengkap dan terkini mengenai Olahraga Indonesia yang sedang mendunia dan tren topik hanya di INDONESIA SCORE.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *